Home
E-Course
Jasa
Artikel
Login
Apa bedanya Penjual Online dengan Pebisnis Online

Apa bedanya Penjual Online dengan Pebisnis Online

Pada dasarnya sama sama berkecimpung didunia Online atau Dapat uang dari Online. Namun jika kita gali lebih dalam antara Penjual Online dengan Pebisnis Online memiliki perbedaan yang signifikan.

Bedanya apa hayo ?? Kan sama sama dapat uang dari Online hehe

Yuk kita bahas dalam beberapa poin perbedaan antara Penjual Online dengan Pebisnis Online.

1. Penjual Online fokus hanya Berdagang aja, sedangkan Pebisnis fokus membangun Sistem 

Penjual online mereka sangatlah fokus dalam aktifitas berdagang saja, jika nantinya mereka memiliki karyawan ya ga ada bedanya, mereka akan selalu terikat dalam aktifitas Berdagangnya itu. Mereka jika di arahkan untuk membangun sistem malah ga suka atau ga nyaman, karena waktu mereka dalam sehari habis itu urusan teknis berdagang saja. Dan mereka biasanya ga sadar atau terlena dalam hal itu. Dan jika suatu saat si penjual itu mengalami sakit dan tidak bisa bekerja atau berdagang maka ya sudah omset mereka cenderung akan turun, karena mesin dalam penjualan mereka berkurang, itulah bahayanya jika kita terlena dalam aktifitas Penjualan Online.

Beda dengan Pebisnis Online, mungkin dari segi omset diawal memulai si pebisnis itu sedikit atau bahkan ga ada omset penjualan sama sekali, tapi mereka sadar bahwa mereka harus membuat sistem dalam Bisnis mereka. Bisnis hanyalah efek dari Sistem yang sudah mereka bangun dan berjalan dikemudian hari. Dan sedangkan kegiatan sehari-hari si pebisnis online ini membuat SOP dalam Bisnis, Job desk para karyawan (walaupun belum ada karyawannya diawal) pondasi sistem yang harus mereka siapkan untuk penunjang para karyawannya nanti dalam melakukan aktifitas Bisnis dll. Intinya Pebisnis tidak terlalu fokus pada aktifitas Berdagang, mereka fokus membuat sistem, memastikan sistemnya dapat mempermudah aktifitas karyawannya dan memastikan sistem itu dapat berjalan walaupun suatu ketika si Pebisnis ini sakit atau tidak masuk ke kantor.

2. Penjual Online Kerja Terus, Pebisnis dapat menikmati Kebebasan

Karena dalam poin 1 tadi Penjual Online tidak memiliki sistem yang dapat bekerja buat dia, jadinya dia harus bekerja terus setiap hari, kalau karyawan keluar dia harus gantikan aktifitas karyawannya kemudian cari karyawan baru, terus begitu sampai kapanpun haha

Pebisnis online, karena telah membangun sistem dan telah menguji sistemnya, maka tanpa kehadiran pemiliknya pun, bisnis tetap berjalan. Bisnisnya dijalankan oleh timnya dengan peraturan dan standar kerja yang jelas.

3. Penjual Online berfikir Untung dan Rugi, sedangkan Pebisnis berfikir Bermanfaat untuk Orang lain

Ketika pedagang hanya berfokus pada mengejar keuntungan dan takut dengan kerugian, pebisnis memiliki mental yang berbeda. Mereka tak hanya berfokus pada profit semata. Tapi pebisnis juga berfokus menebarkan manfaat sebanyak mungkin kepada sesama.

Minimal pebisnis memiliki tujuan untuk mengembangkan bisnisnya, sehingga mereka bisa membuka lapangan pekerjaan semakin banyak. Sedangkan penjual online, tidak ada waktu untuk memikirkan kapan menambah karyawan dan sebagainya. Mereka terlalu sibuk dengan kegiatan berdagang mereka setiap hari.

 

Nah itu dia 3 poin apa bedanya Penjual Online dengan Pebisnis Online, cukup berbeda kan ?

Sebenernya masih ada beberapa poin yang membedakan antara Penjual dengan Pebisnis namun kami bahas di artikel selanjutnya hehe, tapi dari ketiga poin diatas udah jelas kok. Yuk mulai sekarang diubah mindsetnya jangan hanya jadi Penjual Online yang pengennya Untung terus dan dagang terus, muali bangun sistem dan Pola yang tepat, biar ketika kita sakit, atau liburan kita bisa jalan Bisnisnya tetap bisa jalan hehe. Asik kan ??

Semoga bermanfaat ya

Salam Sukses dan Sehat terus untuk Anda

JoyHub Official

Course digital marketing

Berbagai kelas menarik yang tersedia di JoyHub yang bisa kamu pelajari dengan senang hati dan berbagai kategori kelas yang sangat beragam, yuk daftar!

Belajar step by step sukses jadi Dropshipper pemula

Belajar optimasi penjualan di Facebook Marketplace

Dominasi Instagram

Belajar optimasi penjualan di Instagram

Superteam Cuan

Belajar mengelola superteam reseller untuk mendongkrak penjualan

Mau jadi member joyhub gratis?

Segera daftar jadi Member JoyHub GRATIS dan langsung join Project JoyHub

Home
E-Course
Jasa
Artikel
Login